You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Kesehatan Sopir Bus Angkutan Lebaran akan Dicek
.
photo doc - Beritajakarta.id

Kesehatan Sopir Bus Angkutan Lebaran akan Dicek

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) akan memeriksa kesehatan para sopir bus yang mengantar pemudik ke luar kota Jakarta saat arus mudik Lebaran 2015 ini.

Para sopir bus akan kita periksa di terminal Pulo Gadung, Kampung Rambutan, Pulo Gebang, Tanjung Priok dan Kalideres

Tak hanya itu, di sejumlah terminal di ibu kota juga bakal didirikan posko-posko kesehatan berikut tenaga medis yang disiapkan untuk pelayanan kesehatan para pemudik.

"Tadi kita sudah apel di Kemenkes. Para sopir bus akan kita periksa di terminal Pulo Gadung, Kampung Rambutan, Pulo Gebang, Tanjung Priok dan Kalideres," ujar Koesmedi Priharto di Balaikota, Selasa (30/6).

Persiapan Mudik di DKI Tidak Ada Masalah

Ia menuturkan, pemeriksaan kesehatan para sopir angkutan Lebaran di ‎terminal-terminal tersebut meliputi pemeriksaan air urine sampai dengan narkotika dan obat-obatan (narkoba). Adapun pemeriksaan sendiri dimulai sejak H-7 hingga H+7 hari raya Lebaran.

"Jadi semua sopir yang akan berangkat, kita periksa dulu mulai dari pemeriksaan kesehatan sampai air urin buat narkoba," tuturnya.

Dikatakan Koesmedi, hasil pemeriksaan tersebut dapat diketahui pada hari itu juga. Pengemudi bus yang diketahui tidak dalam keadaan sehat atau positif memakai narkoba, langsung tidak diizinkan memberangkatkan penumpang.

Ia melanjutkan, selain memeriksa sopir bus angkutan Lebaran, di terminal-terminal juga akan didirikan posko kesehatan yang dijaga sekitar lima petugas medis di masing-masing posko. Para pemudik yang hendak berangkat ke kampung halaman, dapat memeriksakan kesehatannya di posko tersebut.

"Kalau ada pemudik yang mau berangkat tapi sakit bisa pergi ke posko ini. Di sana, mereka bisa memeriksakan kesehatan," katanya.

Ditambahkan Koesmedi, posko kesehatan di terminal-terminal ini didirikan bersama dengan posko mudik milik Dinas Perhubungan dan‎ Transportasi (Dishubtrans), Satpol PP DKI serta kepolisian.

"Jadi di masing-masing terminal ada posko dari petugas gabungan," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1225 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1144 personTiyo Surya Sakti
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1125 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1058 personNurito
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1021 personAldi Geri Lumban Tobing